Recent Posts

banner image

Blogger templates

banner image

Nusantaranger Superhero baru Indonesia


Nusantaranger Superhero baru Indonesia

Nusantaranger adalah sebuah komik karya sekelompok superhero dari anak bangsa yang menggunakan konsep Super Sentai. Beranggotakan lima pemuda dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Papua yang tergabung dalam Nusantaranger berjuang melindungi Bumi dari kejahatan. Mereka mengerahkan kekuatan untuk melawan Kelana yang sejak ratusan juta tahun lalu berambisi menguasai Bumi demi kepentingannya sendiri

Meskipun website Nusantaranger telah hadir dari tanggal 10 November 2013, namun komiknya baru mulai ditayangkan di website pada tanggal 1 Januari 2014. Kisah dalam komik Nusantaranger (Nusantara Ranger) mengadopsi konsep Super Sentai, serial pahlawan super dari Jepang yang juga diadaptasi Amerika menjadi Power Ranger.

Kisahnya dimulai ketika Rangga kecil bermimpi menemukan sebuah candi, mimpi itu terus berulang hingga ia mencapai usia remaja. Suatu ketika ia bersama sekolahnya mengadakan trip ke sebuah candi, di sana Rangga bertemu dengan ksatria Nusantara merah dari masa lampau kemudian mewarisi kekuatan kesatria nusa merah. Secara umum kisahnya Nusantaranger berkisar pada pertarungan antara Pandita (pencipta segala) dan Kelana (yang merusak segala). Pandita dan Kelana mempunyai utusan masing-masing yakni kesatria nusantara dan sandekala..

Nusantaranger memasukkan budaya lokal ke dalam cerita, salah satunya dalam hal pemilihan binatang endemik di setiap pulau sebagai simbol ruh yang memberikan kekuatan bagi setiap pahlawan super.

Kekuatan mereka direpresentasikan dengan binatang langka di pulau-pulau tersebut. Kesatria nusa hijau direpresentasikan dengan orang utan (Kalimantan), kesatria nusa merah direpresentasikan dengan elang Jawa, Kesatria nusantara kuning direpresentasikan dengan harimau Sumatera, kesatria nusa hitam direpresentasikan dengan Anoa (Sulawesi), kesatria nusa biru direpresentasikan dengan Hiu gergaji (Papua).

Jurus dan senjata para ksatria juga berkaitan dengan budaya Indonesia. Gerakan Pencak Silat Panglipur menjadi inspirasi penggambaran kuda-kuda beladiri Ksatria Nusa Merah saat menghadapi musuh pertamanya. Dan senjata khas Kalimantan, Mandau, menjadi inspirasi bentuk senjata Rimba si Ksatria Nusa Hijau.

Binatang langka digunakan untuk merepresentasikan kekuatan dari anak muda yang mencintai budaya lokal, mereka adalah makhluk langka yang juga termasuk menjadi Nusantaranger. Musuh Nusantaranger yang merupakan tim utusan Kelana adalah Sandekala. Sandekala ini juga berasal dari berbagai cerita rakyat di Indonesia.

Kekuatan Nusantaranger


Pada akhirnya, Indonesia memang pernah mencapai puncak masa jaya pada masa lalu, dan juga pernah terpuruk. Hadirnya komik-komik Superhero Indonesia seperti Nusantaranger, VOLT dari Skylar Comicc dan beberpa event-event seperti Pasar Komik Bandung atau Kompetisi Komik Indonesia, menunjukkan bahwa komik Indonesia memang terus eksis, hanya sempat meredup, tetapi terus bertahan kemudian berkembang ke arah yang lebih baik. Komikus, pembaca, serta penerbit juga harus dapat bekerjasama menciptakan iklim industri yang baik untuk komik Indonesia itu sendiri.


Sumber: Indonesia KreatifAntara News

Nusantaranger Superhero baru Indonesia Nusantaranger Superhero baru Indonesia Reviewed by Isya Ansyari on 9:17 PM Rating: 5

No comments:

Rules !

* No Spam!
* No Promo
* No Haters
* No Pornography

Powered by Blogger.